SILVY KUSRIYADI (15217689)
3EA05
UNIVERSITAS GUNADARMA
KESALAHAN
PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGAKIBATKAN JATUHNYA PERUSAHAAN BLACKBERRY

Menurut Swann,
Blackberry mendapat masalah karena "kesombongan" sendiri. Karena
perusahaan itu mengharapkan pasar dan publik yang telah berkembang cepat ini
untuk "menunggu mereka.”
Akibatnya ketika Andoid tiba-tiba
muncul, Blackberry tidak siap. Blackberry tidak mau mendengarkan kebutuhan
konsumen. Di era digital, tidak ada lagi kesetiaan konsumen. Konsumen akan
dengan cepat “selingkuh” begitu melihat ada produk lain yang lebih bermanfaat.
Microsoft
tidak sendirian dalam hal membuat kesalahan di era digital. Sebagai contoh, Blackberry yang dulu sangat populer gagal mempertahankan posisi
terdepan dan sekarang telah menjadi "lurban legend"
Blackberry
mencoba memperbaiki kesalahannya, dengan mengeluarkan produk yang mirip-mirip
Android, tapi tetap dengan brand Blackberry. Tapi tampaknya langkah tersebut
gagal total. Kali ini, konsumen belum mau “selingkuh” dari Android. Karena
memang produk barunya kurang memberikan perbedaan yang signifikan.
Selain itu, Perusahaan Amerika, Kodak, adalah contoh lain dari perusahaan
yang pernah sukses lalu tenggelam dalam pengabaian, meskipun pernah berada di
ujung tombak dari proses film baru dan fotografi digital. Sementara waktu
mungkin telah berlalu, sang jurnalis percaya bahwa kegagalan terbesarnya adalah
menjual film, bukanlah kamera.
Yah, “momen Kodak” kini jadi frase
yang legendaris. Inilah momen yang terjadi saat masa-masa awal revolusi
digital. Kemapanan dan keenakan sebagai pemimpin pasar membuat Kodak buta
terhadap revolusi yang sedang terjadi di sekitarnya. Keyakinannya terhadap brand
yang kuat membuatnya lupa diri. Padahal inilah era di mana produk dapat dengan
mudah mengalahkan brand.
Solusi masalah:
Blackberry harus
bias mengeluarkan handphone yang keluaran terbaru dengan fitur yang cukup
sanggih dengan segala keunggulannya agar blackberry bisa menjadi brand paling
ternama, jangan terlalu lambat dalam menciptakan inovasi-inovasi baru karena
apabila perusahaan terlalu lama berinovasi maka para pesaing akanmengambil alih
pasar secara cepat
Komentar
Posting Komentar